Kamis, 01 Desember 2011

Perencanaan Pembelajaran 1


69. Mata Pelajaran Sosiologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah
Aliyah (MA)


A. Latar Belakang
Sosiologi ditinjau dari sifatnya digolongkan sebagai ilmu pengetahuan murni (pure science) bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science). Sosiologi dimaksudkan untuk memberikan kompetensi kepada peserta didik dalam memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktursosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai pada terciptanyaintegrasi sosial. Sosiologi mempunyai dua pengertian dasar yaitu sebagai ilmudan sebagai metode. Sebagai ilmu, sosiologi merupakan kumpulan pengetahuantentang masyarakat dan kebudayaan yang disusun secara sistematis berdasarkananalisis berpikir logis. Sebagai metode, sosiologi adalah cara berpikir untukmengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur danteori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.Dalam kedudukannya sebagai sebuah disiplin ilmu sosial yang sudah relatif lamaberkembang di lingkungan akademika, secara teoretis sosiologi memiliki posisistrategis dalam membahas dan mempelajari masalah-masalah sosial-politik danbudaya yang berkembang di masyarakat dan selalu siap dengan pemikiran kritisdan alternatif menjawab tantangan yang ada. Melihat masa depan masyarakatkita, sosiologi dituntut untuk tanggap terhadap isu globalisasi yang di dalamnyamencakup demokratisasi, desentralisasi dan otonomi, penegakan HAM, goodgovernance (tata kelola pemerintahan yang baik), emansipasi, kerukunan hidup
bermasyarakat, dan masyarakat yang demokratis.Pembelajaran sosiologi dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuanpemahaman fenomena kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran mencakupkonsep-konsep dasar, pendekatan, metode, dan teknik analisis dalam pengkajianberbagai fenomena dan permasalahan yang ditemui dalam kehidupan nyata dimasyarakat. Mata pelajaran Sosiologi diberikan pada tingkat pendidikan dasarsebagai bagian integral dari IPS, sedangkan pada tingkat pendidikan menengahdiberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.

B. Tujuan
Mata pelajaran sosiologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuansebagai berikut.
1.      Memahami konsep-konsep sosiologi seperti sosialisasi, kelompok sosial, struktur sosial, lembaga sosial, perubahan sosial, dan konflik sampai dengan terciptanya integrasi social
2.      Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Menumbuhkan sikap, kesadaran dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sosiologi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Struktur sosial
2. Proses sosial
3. Perubahan sosial
4. Tipe-tipe lembaga sosial.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam
    masyarakat
1.1  Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2  Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.3  Mendeskripsikan proses interaksi social sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
2. Menganalisis kelompok social dalam masyarakat multikultural
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memahami dampak perubahan sosial
1.1 Menjelaskan proses perubahan social di masyarakat
1.2 Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
2. Memahami lembaga sosial
     2.1 Menjelaskan hakikat lembaga sosial
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial

Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
3. Mempraktikkan metode penelitian sosial
3.1 Merancang metode penelitian social secara sederhana
3.2 Melakukan penelitian sosial secara sederhana
3.3 Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana

E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar