Kamis, 01 Desember 2011

Kewirusahaan 1



LATAR BELAKANG USAHA
Nama Saya Dwi Indah Novilayati. Disini saya akan sedikit memberikan informasi tentang usaha yang saya rintis. Di sini saya tidak sendirian karena dalam prosesnya saya dibantu oleh kelompok yang sudah dibagi sebelumnya. Usaha yang kami rintis adalah usaha jualan kaos. Usaha jualan kaos ini diperuntukkan oleh melatih jiwa kewirausahaan kami yang akan dijadikan bekal untuk kami besok setelah lulus dari UNNES. Kami disini dituntut untuk mandiri dalam usaha yang kami rintis. Yang kami jual disini adalah kaos berkerah dengan tema Universitas Negeri Semarang dan Fakultas Ilmu Sosial pada khususnya. Kami menonjolkan keunikan tersendiri dalam deseign yang kami buat agar dapat dijadikan sebagai buah tangan yang menarik kelaknya bagi para tamu ataupun para alumnus  Fakultas Ilmu Sosial. Kami disini hanya sebagai agen yang memasarkan kaos tersebut ke semua pihak termasuk mahasiswa, dosen, dan juga pegawai di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial. Selain untuk melatih kewirausahaan bagi kami juga untuk memenuhi tugas dari dosen pengampu kami. Dan juga melatih mental bagi kami agar nantinya tidak minder dalam dunia bisnis kelak.
SASARAN
Sasaran yang hendak dicapai pada usaha ini adalah
a.    Untuk memperkenalkan pada publik terkait adanya kaos cinderamata yang bertema Unnes khususnya Fakultas Ilmu Sosial.
b.    Untuk membuat para pengunjung tertarik pada barang yang kami tawarkan dan menjelaskan bahwa barang ini istimewa dan berbeda dengan yang lain, sehingga nantinya pengunjung akan terkesan dan tertarik untuk membelinya.
c.    Untuk melatih mental kami agar nantinya siap dalam “menjual diri” ke dalam bursa kerja di masa depan kelak.
d.   Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa agar nantinya tidak hanya menjadi pekerja tetapi justru menjadi yang memperkerjakan, atau bisa juga disebut sebagai pembuka lapangan usaha.
Guna mencapai sasaran yang telah dijelaskan di atas tentunya diperlukan suatu kesolidan pada sebuah kelompok agar nantinya dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Untuk itu dalam kelompok saya terdiri dari 11 orang yang merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Rombel 1. Dengan latar belakang pendidikan yang sama dan juga solidaritas di antara sesama nantinya diharapkan akan memperlancar kelompok kami dalam menjual kaos fakultas kepada para pembeli. Kelompok kami sendiri terdiri dari:
1.      Diana Rahmawati
2.      Galih Lumaksono
3.      Akhmad Nurur Rokhim
4.      Dwi Indah Novilayati
5.      Mohammad Abdan Nurfikin
6.      Anis Nurhidayati
7.      Hesti Retnosari
8.      Mujibatul Latifah
9.      Firda Aprilianto
10.  Moh. Galih Pratama
11.  Retno Mardeliasari
Untuk masalah jumlah barang yang kami jual, masing kelompok diwajibkan untuk memperoleh kaos sebanyak 9 buah untuk nantinya dijual kepada para pembeli. Hal itu juga berlaku pada kelompok kerja kami, dimana kami diwajibkan untuk menjual kaos sebanyak 9 buah. Untuk masalah sasaran pembeli yang hendak ditawari barang kami, kami tidak membuat batasan yang signifikan, kami beranggapan bahwa siapa saja yang berkenan untuk membeli dan memakai produk kaos kami adalah pembeli kami. Namun kami di sini lebih mengutamakan menjualnya di kalangan para mahasiswa, dosen, pegawai, dan para alumni Unnes sendiri khususnya pada Fakultas Ilmu Sosial. Walaupun juga kami menjualnya ke keluarga dekat kami dengan harapan mau membeli produk yang kami jual.
Berkaitan masalah harga, manajemen keuangan kami yaitu harga yang kami tawarkan adalah sebesar Rp. 50.000,00. Harga ini menurut kami tidak terlalu mahal, karena barang yang kami tawarkan cukup istimewa dan mempunyai karakter tersendiri apabila dijual kepada pembeli. Namun karena ini merupakan sebuah tugas uji coba atau boleh dikatakan usaha amatir, maka apabila ada pembeli yang menawar harga di kisaran Rp. 45.000,00 maka akan kami berikan. Karena sesungguhnya tujuan utama dari usaha ini adalah untuk melatih mental dan menumbuh jiwa kewirausahaan kami, dan tidak semata-mata demi keuntungan belaka.
Manajemen pemasaran yang kami gunakan dalam berjualan kaos ini, kami menggunakan sistem menjual langsung kepada pembeli. Dalam kelompok kami berjumlah 11 orang, maka tidak semuanya berjualan langsung berjualan secara bersama pada satu titik melainkan ada pembagian kerja dalam sistem kelompok yang lebih kecil. Dalam 11 kelompok itu dibagi ke dalam 3 kelompok kecil. Hal itu dilakukan agar nantinya pembeli tidak merasa tertekan dan tentunya tidak menimbulkan kesan “keroyokan” saat berjualan pada pembeli. Karena dengan keadaan yang seperti itu, maka pembeli akan merasa malas untuk membeli produk kami atau sebatas mendengar penawaran dari kami. Wilayah kerja kelompok kami dibagi ke dalam beberapa sistematika yaitu kelompok 1 berjualan di lingkungan gedung c7, kelompok 2 berjualan di lingkungan c2, dan kelompok 3 berjualan secara umum kepada keluaarga mereka ataupun para alumni yang mereka kenal. Walaupun dalam proses berjalannya, sistem yang telah ditentukan ini tidak berlaku sepenuhnya namun paling tidak ada gambaran yang jelas mengenai cara kerja yang akan kami lakukan.
HASIL
Hasil yang kami peroleh setelah melakukan usaha penjualan kepada pembeli, kami berhasil menjual kaos sebanyak 5 buah. Kebanyakan yang membeli barang kami adalah dari kalangan dosen FIS sendiri. Ada satu barang yang berhasil kami jual ke kalangan keluarga sendiri. Untuk keuntungan yang kami dapat yaitu sebesar Rp. 20.000,00. Walaupun kami tidah berhasil menjual keseluruhan barang kami namun kami sudah merasa puas dan senang, karena hasil kerja keras kami berjualan cukup membuahkan hasil yang lumayan. Dan sebagai awal dalam menjalankan usaha, harapan kami nantinya akan terus termotivasi menciptakan usaha yang serupa atau yang berbeda demi tujuan menjadi seorang wirausahawan yang handal kelak.

1 komentar: